Monday, January 15, 2024

GANJAR PRANOWO TAK KEBERATAN KASUS WADAS DIBAWA KE AJANG DEBAT



JAKARTA- Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengaku siap jika topik soal kasus lahan Wadas dibahas dalam debat Pilpres 2024.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengaku tidak menghindari pembahasan soal Wadas dalam ajang debat.

Menurut Ganjar, dirinya sudah merampungkan persoalan Wadas walaupun itu bukan program Pemprov Jateng, lebih tepatnya Proyek Strategis Nasional (PSN), di mana merupakan tanggung jawab pemerintah pusat.

"Sebaiknya dibahas, meskipun itu bukan program pemprov, Wadas yang itu saya selesaikan, itu PSN. Karena kami dilatih bertanggungjawab ya dan selesai, Insya Allah selesai," katanya usai menghadiri diskusi bersama Generasi Perintis di Pos Bloc, Jakarta, Minggu (14/1/2024).

Menurut Ganjar, dirinya sudah mengganti rugi kepada pihak-pihak yang dirugikan dalam sengketa lahan di Wadas dan telah menyelesaikan segala persoalan dengan baik.

Ia pun menegaskan mengapa hanya Wadas yang dibahas, padahal ada beberapa proyek yang ia tolak karena tidak memenuhi syarat ramah lingkungan.

"Tapi saya ceritakan juga, tahukah kalian saya pernah menolak semen yang ada di Kebumen, saya tolak semen yang ada di Rembang tapi bukan yang itu (yang disorot). Saya tolak tambang emas yang ada di Wonogiri karena tidak memenuhi syarat lingkungan," jelas politisi PDIP itu.

Untuk diketahui, debat keempat Pilpres 2024 nanti akan diikuti oleh tiga calon wapres yakni nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 Mahfud MD.

Sejumlah tema yang diangkat yakni soal energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria dan masyarakat adat.

0 comments:

Post a Comment