Monday, January 15, 2024

GANJAR-MAHFUD BERKOMITMEN HAPUS BATAS USIA PENCARI KERJA



JAKARTA- Paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md membuat komitmen menarik untuk menghapus batas usia pelamar kerja jika berhasil memenangkan Pemilihan Presiden 2024.

"Ini komitmen kami," cuit Ganjar Pranowo dikutip Kilat.com dari akun Twitter resminya.

Mahfud MD menyambut pernyataan Ganjar Pranowo dengan menyoroti keputusan beberapa bank yang mengatur batas usia pelamar menjadi 24 tahun.

Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD menyatakan bahwa keputusan batas usia pelamar kerja dapat diubah dengan lebih mudah melalui revisi undang-undang jika sudah diatur dalam UU.

Namun, dia tidak berjanji bahwa penghapusan batas usia pelamar kerja akan berjalan cepat meski telah diatur dalam UU.

"Kalau itu bunyi undang-undang, prosesnya lama; (tetapi) kami bahas kembali," kata Mahfud.

Sebelumnya, keluhan terkait batasan usia untuk melamar pekerjaan diungkapkan oleh akun @worksfess di media sosial, khususnya terkait lowongan di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN.

"Work! Sekelas BUMN aja diskriminasi soal umur," cuit akun tersebut.

Akun pengguna @onemorextime membalas cuitan tersebut dengan menanyakan siapa kandidat Pilpres 2024 yang mengkampanyekan batas usia melamar kerja.

"Dear Bapak-Bapak calon presiden, tidak adakah dari kalian berkampanye tentang hal ini? Setidaknya kalau enggak mampu membuka lapangan pekerjaan, tolonglah persyaratan begini dihilangkan. Kami juga butuh hidup," cuitnya.

Respon positif dari netizen terhadap janji Ganjar-Mahfud pun terlihat dari komentar-komentar yang mendukung keputusan mereka.

Netizen mengapresiasi langkah untuk menghapus batas usia pelamar kerja dengan menyatakan bahwa Indonesia seharusnya lebih memperhatikan keterampilan daripada usia dan penampilan.

"Akhirnyaaa, terimakasih pak! (kalau bisa) (maaf ngelunjak) adain kebijakan part time khusus pelajar pak, biar begitu lulus meskipun nggak kuliah mereka tetep ada pengalaman bekerja," komen @navi*.

"Setuju, batas usia pelamar kerja harus dihapuskan karena yang butuh kerja bukan yang muda-muda saja. sudah saatnya Indonesia lebih melihat skill daripada usia dan penampilan." tulis @daya*.

Kedua komentar tersebut dijawab oleh Ganjar Pranowo sebagai upaya mewujudkan komitmennya.

"Siapp dicatat," jawab @ganjarpranowo.

0 comments:

Post a Comment