Sunday, November 26, 2023

GANJAR PRANOWO INGIN PERMUDAH UMKM DAPATKAN LABEL HALAL



JAKARTA- Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, ingin mempermudah pelaku UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal. Ganjar mengatakan kemudahan dalam mendapat label halal menjadi salah satu komitmen dirinya.

"Kemudian pertanyaan dari UMKM yang muncul, 'Pak Ganjar kan tidak mudah kita mendapatkan seluruh syarat itu? Ya dimudahkan. Itulah kemudian komitmen," kata Ganjar di acara Dialog Terbuka Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa, di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Ganjar pun mengaku heran lantaran urusan yang menyangkut masyarakat harus dipersulit. Hal itu, kata Ganjar, disebabkan karena aturan tidak dilaksanakan dengan benar.

"Maka muncul pertanyaan kenapa ya soal urusan selalu sulit? Kenapa ya soal urusan mesti dipersulit? Kenapa nggak bisa mudah? Karena kita tidak pernah menghargai aturan, kita tidak pernah memastikan hukum berjalan dengan baik," ungkapnya.

Padahal, kata Ganjar, seharusnya label halal itu cukup dipegang oleh pimpinan tertinggi. Sehingga, dia mengatakan dengan begitu tidak akan terjadi proses tarik menarik yang mempersulit perizinan label halal itu. "Maka kemudian tadi tarik sana-tarik sini, dipas-paskan, dipaksakan, dan kemudian tidak merepresentasikan seluruh kepentingan masyarakat. Padahal mempermudah sertifikat halal itu tidak terlalu sulit," tuturnya.

"Saya kira saya menyampaikan, itu hanya cukup dikontrol pimpinan tertinggi, di perintahkan dijalankan, atau kamu yang saya ganti. Kira-kira gitu," imbuhnya.

0 comments:

Post a Comment