Friday, November 24, 2023

GAGASAN PASLON LAIN TERNYATA NYONTEK PROGRAM 5NG YANG DI INISIASI GANJAR DI JATENG



JAKARTA- Calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyatakan kalau isu kesehatan keluarga seperti pemenuhan gizi ibu hamil dan stunting akan menjadi salah satu program utamanya jika terpilih sebagai presiden pada tahun 2024.

Ganjar yang berpasangan dengan Mahfud MD sebagai cawapres ini menekankankan perlunya perhatian terhadap pemenuhan gizi ibu hamil untuk mencegah stunting. "Dalam kampanye kita, saya ingin mengajak untuk memperhatikan ibu hamil. Mari kita kampanyekan, berikan perhatian kepada ibu hamil, pastikan gizinya mencukupi dan kesehatannya terjaga. Sebab ini akan mengurangi banyak masalah," tutur Ganjar Pranowo.

Salah satunya, angka kematian ibu hamil akan berkurang secara otomatis dan angka kematian balita juga akan menurun.

Asupan gizi yang memadai adalah langkah pencegahan stunting yang dapat dimulai dari saat ibu hamil.

Ganjar Pranowo menegaskan komitmen bahwa program pemenuhan gizi ibu hamil ini sangat penting untuk diimplementasikan, karena akan berdampak pada perkembangan dan fungsi otak anak.

Dengan kelahiran anak yang sehat, pendidikan dapat diberikan dengan baik dan akan ada kemajuan pesat.

Kemajuan pesat tersebut mulai dari aspek spiritual yang dapat diselesaikan saat mondok di pesantren, hingga membangun emosional dan budi pekerti. Diharapkan kelak anak-anak akan menjadi generasi yang baik. "Kita memiliki tanggung jawab yang dapat mendorong perkembangan anak di masa mendatang," pungkasnya.

Soal kepedulian terhadap gizi ibu hamil, bahkan sampai secara khusus dimunculkan dalam dokumen Visi Misi Ganjar-Mahfud melalui program "Ibu Sehat, Anak Sehat". "Bantuan gizi dan pelayanan kesehatan selama kehamilan dan masa menyusui. Inisiatif 1.000 hari pertama dan penyediaan asupan gizi untuk anak hingga usia lima tahun.

Tujuan nasional pasangan Ganjar - Mahfud dalam kesehatan keluarga, salah satunya menurunkan tingkat stunting menjadi di bawah 9 persen dengan mengedepankan peran ibu dan ayah sebagai pelindung kesehatan keluarga.

Tidak hanya janji kosong, Ganjar Pranowo bahkan sudah menerapkan program pro ibu hamil ini sejak masih menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Misalnya Program 5Ng (Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng). Artinya  memantau ibu hamil merupakan rangkaian kegiatan sistematis dengan tujuan mengurangi tingkat kematian ibu (AKI) dan bayi (AKB).

Tujuan utama dari program 5Ng ini memantau tiap ibu hamil untuk memastikan mereka menerima pelayanan kesehatan optimal, sehingga ibu dapat selamat dan bayi dapat lahir dalam keadaan sehat.

0 comments:

Post a Comment