Tuesday, October 31, 2023

SUKSES DI JATENG, GANJAR PRANOWO BAWA IDE MENASIONALKAN PROGRAM PENGELOLAAN ZAKAT



JAKARTA- Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo, menyatakan komitmennya untuk menerapkan keberhasilannya dalam mengembangkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah ke tingkat nasional.

Pernyataan ini disampaikannya saat menghadiri Workshop Nasional Anggota DPRD Fraksi PPP se-Indonesia di Jakarta pada Jumat (20/10/2023) malam.

Ganjar mengungkapkan, “Saya mendapatkan banyak masukan positif tentang pengelolaan zakat melalui Baznas. Saya percaya bahwa beberapa pengalaman yang berharga ini dapat kita nasionalisasikan, dan Baznas pusat juga telah mendukung inisiatif ini.”

Sejak menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah sejak tahun 2013, Ganjar telah mengintegrasikan dana Baznas dalam instrumen anggaran pembangunan kemasyarakatan. Dengan memanfaatkan surat edaran gubernur, ia berhasil meningkatkan penerimaan zakat dari Rp110 juta pada tahun 2014 menjadi Rp82 miliar pada tahun 2022.

Ganjar menjelaskan, “Dana zakat dari ASN yang beragama Muslim kami manfaatkan untuk mengurangi kemiskinan di Jawa Tengah pada saat itu. Oleh karena itu, kami akan mencoba untuk mengeksplorasi beberapa pengalaman yang telah kami terapkan di Jawa Tengah dalam skala nasional.”

Selain mengenai zakat, Ganjar juga akan mendorong pengembangan wakaf yang lebih efektif. Saat ini, ia masih terus berkomunikasi dengan Baznas pusat mengenai rencana-rencana program masa depan.

Ganjar Pranowo baru-baru ini dianugerahi penghargaan sebagai “Gubernur Pendukung Utama Pengelolaan Zakat di Indonesia” oleh Baznas Republik Indonesia dalam acara Baznas Award 2023. Ini merupakan penghargaan yang kedua kali diterima oleh Ganjar Pranowo, setelah penghargaan serupa pada tahun sebelumnya.

Selain itu, Ketua Majelis Syariah DPP PPP, KH Musthofa Aqil Sirodj, menyatakan keyakinannya terhadap kepemimpinan Ganjar Pranowo. Beliau mengungkapkan bahwa keyakinannya semakin kuat ketika mendengar rekomendasi dari Mbah Maimoen Zubair, seorang ulama terkemuka, yang menyatakan bahwa Ganjar adalah sosok pemimpin yang baik dan rendah hati.

Dengan dukungan dari para ulama dan pondok pesantren, kader dan pengurus partai sepakat untuk mendukung Ganjar Pranowo, terutama setelah resmi menjadi pasangan cawapres Mahfud MD. Musthofa Aqil Sirodj menegaskan, “Kita sepakat dengan para kiai dan pondok pesantren. Alhamdulillah, ternyata nama Pak Ganjar sudah ada di hati para kiai.”

0 comments:

Post a Comment