Wednesday, January 10, 2024

SILAHTURAHMI DENGAN PELAKU UMKM DI BANYUMAS, GANJAR JANJI AKAN BERI RUANG BERKREASI ANAK MUDA



JAKARTA- Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Ganjar Pranowo mengajak anak muda dan pelaku usaha untuk berkreasi hingga menjadi pengusaha dan berbagai pelatihan UMKM yang ada di daerahnya masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Ganjar Pranowo saat bersilahturahmi dengan Asosiasi Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Banyumas (ASPIKMAS) di Hetero Space Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah pada Selasa (9/1/2024).

"Ada 87 program, 10.800 orang pelaku ekonomi kreatif, pelatihan UMKM melalui berbagai kegiatan yang sudah dikembangkan (ASPIKMAS). Minimal 10 kali mereka mendapatkan berbagai jenis pelatihan mulai dari marketing, publik speaking, dll," ujar Ganjar Pranowo.

Gagasan bahwa generasi muda harus dilatih agar dapat produktif dan bisa meningkatkan perekonomian, "Awal saya punya gagasan muncul dari anak muda. Pada saat itu mereka berpikir sulit mencari kerja. Mereka tidak memiliki modal uang, padahal ada modal soft skill, jejaring, dan talenta," kata Ganjar.

Dalam kesempatan tersebut Ganjar Pranowo bertanya kepada pelaku usaha di Banyumas perihal produk-produk mereka dan perkembangannya usai mengikuti pelatihan.

"Ketika omsetnya banyak, maka berkolaborasi dengan UMKM lain. Ini keren. Jadi pelatihan ini dapat membuat ibu rumah tangga biasa menjadi ibu rumah tangga luar biasa. Saya ingin menunjukkan bahwa jika fasilitas diberikan dikelola oleh anak-anak muda kreatif, melibatkan siapapun yang memberikan bantuan," lanjutnya.

Ganjar Pranowo menjelaskan banyak manfaat yang didapatkan para pelaku usaha pemula dengan mengikuti pelatihan.

"Mulai mencatat pembukuan menjadi lebih baik. Penjualan naik, uang dicatat ada manajemen keuangan. Dengan mengikuti pelatihan, nanti diajarkan desain produk nya," papar Ganjar Pranowo.

Pelatihan manajerial untuk pelaku usaha disebut Ganjar Pranowo penting. Ia memberikan pesan kepada para pelaku usaha untuk tidak pernah berhenti belajar dan terus berbuat kebaikan jika sudah sukses.

"Kita manusia diminta untuk selalu berikhtiar. Dengan usaha dan doa selalu ada jalan keluar. Inilah tempat anak muda bisa berkreasi sehingga bisa mendapatkan manfaat lebih. Setelah menjadi pengusaha sukses jangan lupa membantu yang kecil. Yang muslim zakat infak shodaqoh, yang lain bisa perpuluhan," pungkas Ganjar Pranowo.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Ganjar Pranowo tiba di Bandar Udara Tunggul Wulung di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah pada Selasa (9/1/2024) pagi.

Kehadiran Ganjar Pranowo untuk melakukan safari politik Kampanye Pilpres 2024 pada hari pertama (9 Januari 2024) akan difokuskan di dua wilayah yakni Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas.

0 comments:

Post a Comment