Thursday, January 18, 2024

GANJAR MAHFUD BERKOMITMEN CEPATKAN PENGESAHAN RUU PERAMPASAN ASET



JAKARTA- Calon Presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo yakin bisa mempercepat DPR RI agar segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang atau RUU Perampasan Aset yang sedang dibahas jika terpilih jadi presiden. Ia mengaku bersama pasangannya, Mahfud MD sudah berpengalaman duduk di kursi legislator.

Ganjar Pranowo mengatakan, salah satu cara yang terpenting adalah mempercepat pembahasan di tingkat lobi antar anggota atau fraksi. Ia mengaku bisa melakukannya karena pernah tergabung dalam Badan Legislasi yang membentuk undang-undang.

"Kalau kita bicara perampasan aset maka itu RUU. RUU ada dua, satu dari eksekutif, dua dari legislatif. Di sana ada partai-partai. Setiap pembentukan pasti ada lobi," ujar Ganjar usai menghadiri acara Paku Integrasi KPK, Rabu (18/1/2024).

"Saya dan Pak Mahfud pernah di badan legislasi, kita mengerti caranya," katanya.

Ganjar menyebut tiap fraksi harus ditekankan komitmennya dalam pembentukan undang-undang ini. Apalagi, adanya perampasan aset bisa memberikan efek jera bagi koruptor.

"Maka kalau komitmennya ada, ya turun. Tidak bisa kemudian kita hanya ngelempar-lempar, itu salahmu, ini salah sini, kemudian tdk dikerjakan," ujar Ganjar.

Karena itu, penting bagi eksekutif untuk ikut terlibat dalam lobi-lobi di tingkat DPR RI untuk mempercepat pengesahannya.

"Kalau tidak dikerjakan, didorong. Itulah butuhnya trouble shooter untuk itu," imbuhnya.

0 comments:

Post a Comment