Thursday, December 21, 2023

SOAL DEBAT SELANJUTNYA, GANJAR INGIN REAL DEBAT, BUKAN SEKEDAR TANYA JAWAB



JAKARTA- Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berharap debat cawapres yang akan berlangsung adalah debat bukan tanya jawab. Ganjar menyebut paslon juga boleh membawa contekan sebagai data yang dibutuhkan.

"Ya nanti bisa tanya ke panitia, kan kita yang mau dites, kita yang mau debat. Harapan saya sih debat, bukan tanya jawab. Saya pingin debat," kata Ganjar di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2023).

Debat sendiri akan dilakukan mulai pukul 19.00 WIB di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat. Tema dalam debat besok yakni Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Ganjar mengatakan ada atau tidaknya podium dalam debat besok tidak berpengaruh. Ganjar menyebut tidak apa jika capres-cawapres membawa contekan sebagai data acuan selama proses debat berlangsung.

"Ada podium atau enggak, sama aja buat saya. Ada contekan juga boleh, kenapa nggak boleh. Nyontek kan boleh, data begitu," ujarnya.

Ganjar menyebut sejumlah hal sudah disiapkan Ganjar-Mahfud untuk debat. Salah satunya mengenai strategi pertumbuhan ekonomi.

"Ada banyak sekali, bagaimana kita melihat ekonomi musti tumbuh sampai dengan 2045. Tahapannya kita siapkan, skenarionya kita siapkan. Bagaimana ekonomi bisa tumbuh 7 persen," jelasnya.

Ganjar menambahkan banyak orang menilai pihaknya ambisius terkait target pertumbuhan ekonomi itu. Namun, lanjutnya, semuanya harus dipersiapkan.

"Banyak orang yang mengatakan terlalu ambisius, tapi buat saya, kalau kita tidak mau terjebak dalam jebakan kelas menengah, kita maksud saya pendapatan menengah mohon maaf, artinya, kita musti betul-betul menyiapkan diri dengan segala skenario," kata dia.

"Kedua UMKM. UMKM ini penting untuk kita dorong agar mereka bisa mendapatkan fasilitas dan pendampingan. Terus industri kreatif, ini banyak diisi oleh anak-anak muda dan itu yang nanti pasti akan jadi perbincangan yang hangat. Jadi, cukup banyak. Termasuk ekonomi hijau, ekonomi biru yang menjadi tren dunia," pungkasnya.

0 comments:

Post a Comment