Thursday, December 28, 2023

SEJARAH MENCATAT, CAPRES YANG RAJIN SOWAN KE SULTAN HAMENGKU BUWONO PASTI JADI PRESIDEN



JAKARTA- Mendatangi Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, sudah seperti jadi tradisi para kandidat calon presiden (capres) dari pemilu ke pemilu.

Tim Pandangan Jogja menelusuri publikasi berita tentang kunjungan capres ke Sultan HB X pada masa pemilu dari periode ke periode. Hasilnya, sejak Pemilu 2004 sampai Pemilu 2019, hampir semua capres mendatangi Sultan HB X.

Dan secara kebetulan, capres yang lebih awal mendatangi Sultan HB X pada masa pemilu cenderung menjadi pemenang.

Pada Pemilu 2004, tiga dari lima capres tercatat menemui Sultan HB X. Di putaran pertama, capres yang menemui Sultan yaitu Wiranto pada 12 Maret 2004, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 5 Mei 2004, dan Amien Rais pada 16 Mei 2004.

Kemudian, di putaran kedua dengan dua kandidat capres yang lolos, hanya SBY yang menemui Sultan HB X, yaitu empat hari sebelum pemungutan suara atau tepatnya pada 16 September 2004.

Sementara terkait lawan SBY di putaran kedua, yakni Megawati Soekarnoputri, tidak ditemukan publikasi yang menyebut Megawati bertemu Sultan.

Saat itu SBY memang tidak jadi capres yang pertama kali mendatangi Sultan HB X. Namun, dia adalah capres yang dua kali mendatangi Sultan.

Pada Pemilu 2014, hanya dua capres yang bertanding, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Saat itu, kedua capres juga melakukan tradisi yang sama dengan mendatangi Sultan HB X di Yogya.

Jokowi lebih dulu datang ke Sultan pada 2 Juni 2014, baru sebulan kemudian pada 1 Juli 2014 Prabowo menyusul mendatangi Sultan. Keduanya saat itu sama-sama diterima di Keraton Kilen Yogyakarta.

Dan pada Pemilu 2014, secara kebetulan capres yang menang adalah yang lebih dulu mendatangi Sultan, yakni Jokowi.

Pada Pemilu 2019, Jokowi dan Prabowo kembali bertemu untuk memperebutkan kursi RI 1. Keduanya lagi-lagi juga melakukan tradisi yang sama: mendatangi Sultan HB X.

Seperti pada pemilu sebelumnya, Jokowi datang lebih dulu dari Prabowo, yakni pada 23 Maret 2019 di Gedung Jene Keraton Yogyakarta. Sedangkan Prabowo baru datang kepada Sultan pada 8 April 2019 dan diterima oleh Sultan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta.

Lagi-lagi, Jokowi yang saat itu lebih dulu mendatangi Sultan memenangkan perebutan kursi presiden. Kemenangan Jokowi ini melanjutkan tren bahwa capres yang memenangkan pemilu adalah yang lebih awal datang menemui Sultan.

0 comments:

Post a Comment