Friday, December 29, 2023

KELAKAR GANJAR PRANOWO JIKA MENANG PILPRES, 'MUNGKIN RELAWAN TAK MASUK KABINET'



JAKARTA- Calon presiden Ganjar Pranowo mengharapkan keikhlasan dari relawan dan alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia atau GMNI jika dirinya menang dalam pemilihan presiden atau Pilpres 2024 untuk mengambil keputusan hitam dan putih.

Ganjar sempat berkelakar ketika menang Pilpres 2024 tak akan menjadikan relawannya sebagai menteri. “Mohon maaf yang berada di barisan depan, belakang, kiri, dan kanan, mungkin tidak akan menjadi komisaris,” kata Ganjar dalam pidatonya di Sarasehan Nasional Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia atau GMNI di Gedung Serbaguna, Senayan, pada Kamis siang, 28 Desember 2023.

Pernyataan bekas Gubernur Jawa Tengah itu lantas direspons dengan tepuk tangan dari peserta sarasehan yang hadir di ruangan itu. Ganjar menyebut meski para relawan dan alumni GMNI bekerja keras dalam pemenangan Pilpres 2024, tapi dia membuka potensi kalau mereka tidak akan menjadi menteri di pemerintahannya.

“Mohon maaf, Anda bekerja luar biasa, suara Anda banyak, tapi Anda mungkin tidak akan masuk di kabinet,” kata Ganjar sembari menunjuk beberapa orang yang duduk di depannya.

Seperti diketahui, di era Presiden Joko Widodo banyak relawan yang kemudian diangkat menjadi komisaris. Bahkan di media sosial kelakar pernyataan, 'besok diangkat komisaris' kerap muncul jika ada pernyataan dari orang-orang yang mendukung Jokowi.

Adapun pimpinan relawan yang dijadikan menteri adalah Budi Arie Setiadi, Ketua Umum Relawan Projo. Budi Arie diangkat menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Johnny G. Plate yang terjerat kasus korupsi BTS 4G.

Ganjar Pranowo yang didukung koalisi PDIP bersama PPP, Partai Hanura, dan Perindo masih harus bekerja keras untuk bisa memenangkan Pilpres 2024. Musababnya, dalam survei terakhir yang dikeluarkan CSIS, elektabilitas Ganjar dan pasangannya Mahfud Md masih kalah dengan dua calon lainnya yaitu Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin.

Namun Ganjar mengaku tak memusingkan hasil survei tersebut. "Biarkan, kami hormati hasil survei," kata dia seusai acara GMNI itu.

Menurut Ganjar, saat ini yang penting adalah partai koalisi dan seluruh relawan Ganjar-Mahfud bertemu langsung dengan masyarakat. Menurut dia, suara masyarakat itulah suara sejati. “Makin banyak bergerak, makin banyak bertemu, realitas itulah yang Anda temui. Relasi masyarakat itu suara sejati,” kata Ganjar.

0 comments:

Post a Comment