Wednesday, November 29, 2023

GANJAR SATU-SATUNYA CAPRES YANG TAK PERNAH PELIHARA PREMAN



JAKARTA- Masih ingat ketika Gubernur Jateng Ganjar Pranowo marah besar kepada staf di jembatan timbang Subah Kabupaten Batang tahun 2014 silam?

Kemarahan Ganjar saat sidak jembatan timbang ketika itu hingga viral di tingkat nasional.

Dan membuat para pelaku pungli di jembatan timbang tiarap.

Dan kemarahan itu membuahkan hasil positif.

Yaitu, kini, jembatan timbang di Jawa Tengah jauh lebih tertib.

Tak ada lagi aksi oknum melakukan pungli.

Kasi Sarana dan Prasarana Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah X Jawa Tengah- DIY, Joko Umboro mengatakan, pihaknya menilai aksi Gubernur Ganjar di Jembatan Timbang Subah Batang, menjadi pengalaman sekaligus momentum terhadap pengawasan pelaksanaan tugas di jembatan timbang.

"Pengalaman kejadian pada waktu pak Gubernur Ganjar Pranowo di Subah pada waktu itu memberikan syok terapi, bisa dikatakan itu momentum terhadap pelaksanaan tugas pemerintah dalam pengawasan," kata Joko mengenang momen aksi Ganjar, ditemui di Jembatan Timbang Ajibarang, Banyumas, Senin (25/10/2021).

Di beberapa sudut jembatan timbang, BPTD telah memasang spanduk bernada larangan tidak melakukan pungli.

Hal itu sekaligus mengingatkan petugas, maupun pengguna kendaraan beban, agar tidak melakukan pungli.

Seperti yang tampak di Jembatan Timbang Ajibarang, Kabupaten Banyumas.

Harapannya, petugas Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor operasional (UPPKB) di wilayah tugasnya menanggalkan praktik pungli.

Sebab perilaku tersebut sama saja mengorbankan integritas sendiri, baik bagi masing-masing pribadi maupun instansi. "Itu mencari keuntungan sedikit tapi menggadaikan marwah nama baik, pribadi dan institusi. Itu dapat ditinggalkan," kata Joko.

Dari pantauannya, sejauh ini petugas UPPKB se-Jateng-DIY masih taat ketentuan dan aturan.

Adapun terkait tindak pelanggaran, pemberkasan, hingga pengajuan sidang dari UPPKB, dikontrol melalui berkas pengajuan. "Bundel catatan pelanggaran lalu lintas sama berkas pengajuan sidang itu masih linier," ujarnya.

"Dari 10 UPPKB itu kami terus melakukan upaya pembinaan, upaya untuk monitoring terkait dengan kinerja teman-teman," ucapnya.

Kesepuluh UPPKB atau jembatan timbang aktif di Jateng-DIY, yaitu di Tanjung Brebes, Subah Batang, Sarang Rembang, Banyudono Boyolali, Klepu Kabupaten Semarang, Ajibarang Banyumas, Wanareja Cilacap, Kulwaru Kulonprogo, Kalitirto Sleman, dan Tamanmartani Sleman.

Koordinator Satuan Pelayanan UPPKB Ajibarang Alkori mengatakan di jembatan timbang di Ajibarang setiap harinya menimbang sekitar 200 kendaraan. "Tingkat pelanggaran sudah menurun," kata Alkori.

0 comments:

Post a Comment