Saturday, August 5, 2023

POTENSI DAN KEUNGGULAN GANJAR PRANOWO DIMATA TOKOH BUDAYAWAN



TANGERANG SELATAN- Budayawan Mohamad Sobary mengungkapkan dirinya akan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bila maju sebagai capres dalam Pilpres 2024.

Mohamad Sobary membeberkan alasannya yang akan mendukung Ganjar Pranowo bila maju sebagai capres 2024 mendatang.

Menurut Mohamad Sobary, Ganjar Pranowo mulai terlihat memiliki kemampuan diplomasi.

Tak hanya berdiplomasi, budayawan itu mengatakan Ganjar memiliki kemampuan untuk tidak menonjolkan diri sendiri dan mampu mengakomodasi sebuah kritik internal dalam PDIP.

Hal itu diungkapkan Mohamad Sobary melalui sebuah video yang diunggah di kanal YouTube Refly Harun pada Rabu, 11 Mei 2022.

"Untuk Ganjar, saya pasti (dukung). Ganjar itu mulai tampak memiliki kemampuan diplomasi," kata Mohamad Sobary.

"Memiliki kemampuan untuk tidak menonjolkan diri sendiri, memiliki kemampuan untuk mengakomodasi kritik-kritik internal dalam PDIP yang belakangan ini muncul," imbuhnya.

Budayawan yang akrab disapa Kang Sobary itu mencontohkan ketika ada orang lain yang membenci Gubernur Jawa Tengah tersebut, Ganjar justru menganggapnya sebagai saudara.

Kang Sobary menilai sikap yang ditunjukan Ganjar tersebut sebagai sikap yang baik.

"Ada kan orang yang mendengki dia, dia bilang 'janganlah itu kan saudara', menurut saya keren lho," tukasnya.

Senada dengan itu, di lain kesempatan Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Pandawa Ganjar menaruh perhatian serius terhadap pelestarian warisan budaya Sunda. Ketua relawan Pandawa Ganjar, Safrudin Abas mengatakan suku Sunda memiliki kekayaan warisan budaya beragam.

"Dalam rangka silaturami dengan para seniman, budayawan, para sepuh termasuk emak-emak yang hari ini ada. Kami memang dari awal konsisten mengangkat kebudayaan, karena bagi kami kebudayaan itu adalah instrumen untuk menyatukan yang beragam-ragam ini menjadi satu," kata Safas, sapaan Safrudin saat menggelar kegiatan silaturahmi yang bertajuk "Ngariung Bersama Seniman dan Budayawan Sunda" di kawasan Sanggar Gembul CS, Desa Belendung, Kecamatan Klari, Kab. Karawang, Prov. Jawa Barat, Sabtu (15/7/2023).

Kegiatan ini dikatakan Safas menjadi momen penting dalam memperkuat solidaritas antara Pandawa Ganjar, seniman, budayawan, dan masyarakat.

Diharapkan Safas dengan silaturahmi ini akan menimbulkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan budaya lokal yang semakin meningkat. Selain itu juga menjadi momentum untuk menjaga dan memperkaya warisan budaya Sunda agar tetap hidup dan terjaga keasliannya.

"Kami berharap dengan semangat-semangat seperti ini, kami mengangkat kebudayaan ini, kami bisa menyatukan unsur kebudayaan, kepemudaan, sepuh, seniman untuk kita sama-sama mendorong gerakan Pandawa Ganjar untuk Pak Ganjar Pranowo ke depan," tuturnya.

0 comments:

Post a Comment