Tuesday, August 22, 2023

HASIL POLING TWITTER OKEZONE, GANJAR UNGGULI 2 BACAPRES LAIN



TANGERANG- Okezone melakukan poling online di sosial media Twitter untuk Pemilihan Umum (Pemilu) dengan tiga calon presiden dan satu tidak memilih. Ketiganya yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Poling online tersebut mencoba mengakomodir petanyaan, yaitu 'Jika hari ini Pemilu, siapa yang Anda pilih?' Voting itu pun kemudian menampung 105 ribu suara dengan Ganjar Pranowo keluar sebagai pemenang.

Ganjar duduk di posisi satu dengan raihan 49% suara, atau unggul telak dibanding dua calon lainnya. Prabowo Subianto berada di urutan kedua dengan torehan 31% suara dan Anies Baswedan dengan 17% suara. Adapun, untuk pilihan tidak memilih hanya meraih 3% suara saja.

Keunggulan Ganjar Pranowo dalam voting online ini agaknya sejalan dengan Survei Litbang Kompas yang baru saja dirilis. Dalam survei tersebut, Ganjar unggul dalam semua pola simulasi Capres.

Dalam simulasi ini, terlihat Ganjar Pranowo memperoleh elektabilitas sebesar 34,1 persen. Sementara, Prabowo Subianto memperoleh elektabilitas sebesar 31,3 persen.

Sedangkan, Anies Baswedan masih menempatkan posisi terbawah dengan elektabilitas sebesar 19,2 persen. Masih terdapat 15,4 persen responden yang memilih tidak menjawab atau rahasia.

Adapun, survei Litbang Kompas dilakukan dengan tatap muka pada 27 Juli-7 Agustus 2023, melibatkan 1.364 responden di 38 Provinsi yang tersebar di 331 Desa/kelurahan di Indonesia. Sementara, margin of error yang diterapkan dalam survei ini sebesar ±2,65 persen.

0 comments:

Post a Comment