Friday, July 21, 2023

GANJAR APRESIASI PETANI MUDA DI DAERAHNYA YANG TELAH BERKONTRIBUSI MEMAJUKAN PERTANIAN JAWA TENGAH


TANGERANG SELATAN- Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, memberikan dukungan besar pada generasi petani muda di wilayahnya. Hal ini terlihat saat dirinya menghadiri Soropadan Agro Festival II Tahun 2023 dengan tema "Petani Bersatu Jateng Maju." Acara ini berlangsung dari tanggal 20 hingga 24 Juli 2023. Dalam kesempatan tersebut, Ganjar Pranowo mendorong anak muda untuk terjun ke dalam dunia pertanian, menyadari bahwa Indonesia memerlukan regenerasi petani.

Ganjar Pranowo berbicara tentang mengubah mindset anak muda terkait bertani, mengajak mereka untuk tidak hanya bertani karena kepepet, tetapi dengan persiapan yang matang. Dalam upaya ini, Gubernur Jawa Tengah menawarkan sistem dan teknologi pertanian yang modern untuk menarik minat generasi milenial. Di antara opsi yang disebutkan adalah pendidikan iklim, teknologi digital untuk pemantauan, serta penggunaan teknologi modern lainnya seperti green house.

Ganjar Pranowo sangat percaya bahwa generasi petani milenial akan mampu memajukan sektor pertanian, terutama dalam menghadapi tantangan El Nino yang mempengaruhi sektor hortikultura. Menurutnya, sektor hortikultura menjadi salah satu pilihan menjanjikan karena tidak mengenal musim, dan generasi muda diharapkan dapat bertahan dan berinovasi dalam menghadapi perubahan iklim.

Soropadan Agro Festival II juga menjadi momen bagi petani milenial untuk berbagi pengalaman sukses. Beberapa petani milenial telah mengalami kesuksesan dalam dunia pertanian, seperti Rizal dan Firman. Keduanya menuturkan betapa menyenangkan dan menguntungkan menjadi petani, mengubah pandangan bahwa pertanian adalah sektor kuno dan tidak menarik.


Ganjar Pranowo merasa bangga dengan semangat dan prestasi para petani milenial ini. Ia menyatakan bahwa potensi sektor pertanian sangat besar, dan produk hortikultura dari Jawa Tengah diminati di pasar internasional. Namun, ia juga menyadari perlunya mengkaji ulang sistem pertanian di Indonesia untuk terus mengembangkan sektor ini dan menarik minat anak muda.

Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah aktif memberikan pelatihan dan pendampingan pada petani milenial, menunjukkan keseriusan Provinsi Jawa Tengah dalam mendukung generasi petani muda. Melalui upaya ini, Ganjar Pranowo berharap para petani milenial dapat berkontribusi dalam pertumbuhan sektor pertanian dan menjadikannya lebih maju di masa depan. Soropadan Agro Festival menjadi salah satu wujud dari keseriusan tersebut, sebagai ajang promosi, edukasi, dan pelatihan bagi anak muda yang berkecimpung di bidang pertanian.A

0 comments:

Post a Comment