Friday, February 24, 2023

JOKOWI TEGASKAN IKN ADALAH PROYEK JANGKA PANJANG



ENAJAM PASIR UTARA, KALIMANTAN TIMUR- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab langsung keraguan sejumlah pihak yang menilai bahwa proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak akan sukses. Ibu kota Jakarta diyakini tidak akan pindah ke Kalimantan Timur.

Jokowi mengaku kaget ada pihak yang masih ragu soal IKN. Mantan walikota Solo ini menegaskan bahwa pembangunan IKN terus berlangsung dan pengerjaan fisik terus berjalan.

Dia mengungkapkan proyek pembangunan IKN bukanlah proyek jangka pendek dan akan memakan waktu pembangunan 10 hingga 15 tahun mendatang. Meski demikian, Presiden menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur IKN sudah mulai dikerjakan di lapangan.

"Jadi kalau ada yang masih ragu-ragu, di lapangannya sudah bergerak seperti ini," tegas Jokowi dalam keterangan, dikutip Sabtu (25/2/2023).

Bahkan, Presiden yakin pembangunan istana akan segera bisa terwujud sehingga bisa difungsikan tahun depan.

"Kawasan ini adalah kawasan istana, Istana Kepresidenan yang saya optimistis tahun depan bulan Agustus Insya Allah sudah bisa upacara di sini," ungkapnya.

Dia mengungkapkan keistimewaan Istana Presiden di IKN karena asli hasil dari karya anak bangsa. Desainnya dirancang oleh seniman I Nyoman Nuarta dan akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Dia juga memastikan bahwa semua bangunan yang ada di IKN akan langsung ditempati segera setelah selesai dibangun. Hal itu dilakukan agar keramaian di IKN segera terwujud.

"Kalau ada keramaian berarti perlu restoran, perlu sekolah, dari TK, SD, SMP, SMA, Universitas, perlu rumah sakit, perlu klinik, perlu entertainment, hiburan, perlu mal, dan lain lain," tutur Presiden.

Tidak hanya Istana, Jokowi juga menargetkan pembangunan 36 rumah menteri bisa selesai pada bulan Juni 2024 nanti. Bahkan, pemerintah sudah memastikan bahwa sejumlah PNS akan diangkut ke IKN, terutama PNS yang berusia muda. Di IKN, para PNS akan diberikan fasilitas tempat tinggal dan penunjang bagi keluarga mereka.

Jokowi mengatakan perpindahan IKN di Kalimantan merupakan keinginan sejak lama. Gagasan perpindahan IKN ini telah lama dicanangkan oleh presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat menghadiri acara pembukaan Muktamar XVIII PP Pemuda Muhammadiyah Tahun 2023 di Balikpapan, Kalimantan Timur pada hari ini Rabu 22 Februari 2023.

"Ini sudah sejak Bung Karno tahun 60, Bung Karno sudah akan memindahkan Ibu Kota Jakarta itu ke Kalimantan, yaitu di Palangkaraya," kata Jokowi.

Oleh karena itu, ia mengingatkan kembali bahwa penempatan IKN di Kalimantan bukan gagasannya, melainkan Ir. Soekarno.

"Perlu saya ingatkan, bahwa kita pindah ke Ibu Kota Nusantara ini, juga ini bukan gagasan Saya, ndak," ungkapnya.

0 comments:

Post a Comment