Monday, October 9, 2023

SAMBUTAN HANGAT DITERIMA GANJAR PRANOWO SAAT BERKUNJUNG KE PONPES AL-JAUHARIYAH CIREBON



TANGERANG, BANTEN- Bakal calon presiden (bacapres), Ganjar Pranowo melakukan kunjungan politik ke Pondok Pesantren Al-Jauhariyah di Desa Balerante, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Minggu (8/10/2023) siang.

Kedatangan mantan Gubernur Jawa Tengah yang dilakukan dalam rangka silaturahmi mendapatkan sambutan hangat dari para santri dan ulama ponpes tersebut.

Ratusan santri berjajar di halaman ponpes untuk menyambut kedatangan Ganjar.

Selain bertemu kiai dan ulama, Ganjar rupanya juga bertemu para kepala desa (kades) yang tergabung dalam forum kuwu se-Kabupaten Cirebon.

Baik oleh ulama maupun kades, Ganjar pun mendapatkan berbagai macam curhatan.

Ditemui seusai acara, Ganjar mengatakan bahwa dirinya berdiskusi banyak dengan ulama terkait pengembangan pondok pesantren.

Selain itu juga mencari solusi bagaimana dapat meningkatkan kapasitas para santri serta bagaimana mengembangkan pondok pesantren. "Pada saat sekolah, bicara soal fasilitas, termasuk tadi bagaimana kita berdiskusi tentang meningkatkan kapasitas para santri."

"Sebab kalau ilmu agamanya sudah selesai," ujar Ganjar Pranowo kepada media, Minggu (8/10/2023).

Ganjar pun memberikan masukan, bahwasanya santri saat ini butuh keterampilan dan fasilitas pendidikan.

Di samping itu, lulusan dari Ponpes Al-Jauhariyah, diyakini Ganjar, bisa menjadi masyarakat yang mandiri. "Nah sekarang butuh keterampilan dan itu butuh fasilitas dari pendidikan, maka kalau kemudian ini bisa dikembangkan secara bersama-sama, maka para santri insyaallah ilmu agamanya mampu tapi keterampilan hidupnya ada."

Untuk itu, menurut Ganjar, jika para lulusan terjun ke masyarakat, mereka bisa menjadi orang yang mandiri. "Ini adalah kawasan yang cukup bersejarah karena sudah sangat tua, yaitu tahun 1700-an. Tentu memiliki banyak pengalaman yang bagus, tapi sekali lagi butuh pembinaan dari pemerintah," katanya.

Sementara, curhatan juga datang dari kepala desa. Saat itu, Ganjar menerima keluhan terkait tata kelola pemerintah desa.

Mendapatkan keluhan itu, Ganjar meyakini bisa menyelesaikan permasalahan tersebut jika menjadi presiden kelak. "Kades yang menyampaikan persoalan-persoalan yang ada di desa, tata kelola pemerintah desa yang baik, bagaimana mensejahterakan masyarakat desa dan tentu saja tadi ada isu yang sekarang lagi anget, yaitu pembahasan soal undang-undang desa."

"Itu lah yang hari ini mereka memberi banyak masukan dan mudah-mudahan kelak kita bisa bereskan," jelas Ganjar.

Ganjar Pranowo pun kemudian menemui masyarakat Kota Cirebon yang digelar panggung besar di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

Di sana, Ganjar mengajak masyarakat untuk senam sore bersama.

Kegiatannya itu menjadi akhir dari perjalanan Ganjar Pranowo di Cirebon hari ini.

Sebelum itu, mantan Gubernur Jawa Tengah sudah melakukan aktivitas lainnya.

Seperti mengunjungi Pondok Pesantren Kempek, mengunjungi Pondok Pesantren Al-Jauhariyah dan lainnya.

0 comments:

Post a Comment