Thursday, October 26, 2023

HOAKS FERDY SAMBO TERLIBAT DALAM KORUPSI RP300 TRILIUN UNTUK DANA KAMPANYE GANJAR!



JAKARTA- Isu hoaks kembali menjadi sorotan, kali ini melibatkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Ferdy Sambo. Kabar tersebut tersebar melalui sebuah video di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa Ferdy Sambo terlibat dalam korupsi sebesar Rp300 triliun yang digunakan untuk mendanai kampanye calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Namun, perlu dicatat bahwa klaim ini adalah tidak benar. Kominfo telah mengklarifikasi bahwa narasi dalam video hanya membahas munculnya gambar Ganjar Pranowo dan Ferdy Sambo saat makan bersama dalam satu meja. Setelah menonton video tersebut secara keseluruhan, judul yang mengklaim Ferdy Sambo terlibat dalam korupsi untuk mendanai kampanye Ganjar Pranowo tidak sesuai dengan isi video yang sebenarnya. Selain itu, tidak ada informasi kredibel yang dapat membuktikan keterlibatan Ferdy Sambo dalam korupsi sebesar Rp300 triliun.

Keberadaan hoaks seperti ini sangat merugikan masyarakat. Masyarakat seharusnya bijak dalam menyikapi informasi yang beredar di media sosial. Perlu adanya kehati-hatian dalam menyebarkan informasi yang belum diverifikasi kebenarannya. Hoaks seperti ini dapat merusak reputasi seseorang dan menciptakan ketidakpastian dalam masyarakat.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memverifikasi informasi sebelum dipercayai dan disebarluaskan. Pemerintah dan lembaga terkait juga harus terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya berita yang akurat dan tidak terjebak dalam perang informasi yang salah. Dengan cara ini, kita dapat mencegah penyebaran hoaks yang dapat merusak keharmonisan dan stabilitas masyarakat.

0 comments:

Post a Comment