Monday, October 30, 2023

GANJAR PRANOWO SUKSES TEKAN ANGKA 1 JUTA KEMISKINAN DI JAWA TENGAH, PENGAMAT SEBUT PRESTASI TERSEBUT BISA DIBAWA KE TINGKAT NASIONAL



JAKARTA- Ganjar Pranowo telah resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah. Selama kepemimpinannya yang berlangsung dua periode, Ganjar berhasil mengurangi tingkat kemiskinan di provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga di Indonesia tersebut.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Ganjar berhasil mengentaskan satu juta warga miskin. Jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah berhasil berkurang dari 4,83 juta menjadi 3,86 juta jiwa.

Menurut pengamat ekonomi Universitas Diponegoro (Undip), Wahyu Widodo, pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah selama kepemimpinan Ganjar relatif stabil. Bahkan, menurut Wahyu, pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah sedikit di atas pertumbuhan ekonomi nasional dalam 10 tahun terakhir.

“Melihat dari indikator ekonomi makro, pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah dalam 10 tahun terakhir sebenarnya sangat stabil,” ujar Wahyu kepada wartawan, Selasa (5/9/2023).

Wahyu juga memberikan apresiasi terhadap program-program akselerasi ekonomi yang telah diterapkan Ganjar. Menurut Wahyu, program-program ini berhasil mengatasi masalah kemiskinan multidimensi di Jawa Tengah. "Kita mengenal konsep kemiskinan multidimensi karena ada individu yang sudah miskin dan perlu diberdayakan agar keluar dari garis kemiskinan, tetapi juga ada yang berada di atas garis kemiskinan dan berpotensi jatuh kembali ke dalam kemiskinan," ungkap Wahyu.

Upaya Ganjar dalam mengurangi tingkat kemiskinan tidak terlepas dari program-program yang telah diterapkannya untuk meningkatkan perekonomian Jawa Tengah secara menyeluruh. Salah satu program yang telah dilaksanakan Ganjar adalah SMKN Jawa Tengah, yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui program ini, Ganjar memberikan beasiswa kepada siswa miskin untuk mendapatkan pendidikan vokasi, sehingga mereka siap untuk bekerja dan meningkatkan taraf ekonomi keluarganya.

Pada 30 Agustus 2023, Presiden Joko Widodo bahkan mengunjungi SMKN Jawa Tengah dan menyatakan bahwa program yang diterapkan oleh Ganjar telah berhasil mempercepat pertumbuhan ekonomi dan dapat diadopsi secara nasional.

Sementara di bagian hilir, program yang telah diterapkan Ganjar termasuk pembuatan #LapakGanjar dan Hetero Space untuk membantu mempercepat kemajuan UMKM serta membantu UMKM dalam memasarkan produk-produk mereka.

0 comments:

Post a Comment