Thursday, October 5, 2023

DINAHKODAI LANGSUNG OLEH PUTRA JOKOWI, PSI AKAN BERLABUH KE GANJAR!



TANGERANG, BANTEN- Ketua DPP PDIP Puan Maharani akan bertemu Ketua Umum (Ketum) PSI Kaesang Pangarep di wilayah Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus), siang ini. Puan akan mengajak PSI menyatakan dukungan kepada bacapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah membeberkan Puan akan mengajak dua organ sayap muda PDIP di pertemuan dengan Kaesang, yakni Banteng Muda Indonesia (BMI) dan Taruna Merah Putih (TMP). Said menyebut kehadiran organ sayap muda ini untuk mengimbangi rombongan PSI yang banyak diisi anak muda.

"Hari ini, Kamis 5 Oktober 2023, tepatnya siang nanti Mbak Puan Maharani, selaku Ketua DPP PDI Perjuangan, didampingi oleh jajaran DPP Banteng Muda Indonesia (BMI) dan Taruna Merah Putih (TMP) akan bertemu dengan Kaesang Pangarep, selaku Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pertemuan ini akan dilangsungkan di Ombe Kofie, Menteng Jakarta Pusat," kata Said kepada wartawan, Kamis (5/10/2023).

"Dalam pertemuannya dengan Kaesang Pangarep dan jajaran DPP PSI, Mbak Puan sengaja mengajak DPP BMI dan TMP, sebab dua organ sayap PDI Perjuangan ini merepresentasikan anak anak muda. Hal ini tentu saja untuk mengimbangi rombongan Kaesang Pangarep dan DPP PSI yang konon di asosiasikan dengan kalangan pemuda," lanjut dia.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR ini mengatakan Puan akan membuka peluang kerja sama politik dengan PSI di pilpres. Dia menyinggung PSI yang telah menyatakan dukungan kepada Ganjar sejak beberapa waktu lalu meski menurutnya belum disampaikan secara formal.

"Pertemuan kedua belah pihak ini direncanakan untuk menjajaki peluang kerja sama politik antara PDI Perjuangan dan PSI, khususnya PSI sejak kepemimpinan Kaesang Pangarep. Dengan mengajak BMI dan TMP, Mbak Puan berharap bisa langsung tune in satu sama lain," ujar Said.

"Kita berharap pertemuan ini bisa sangat produktif, setidaknya membulatkan tekad dukungan PSI kepada Ganjar Pranowo. Meskipun sebelumnya PSI menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo, namun dukungan itu tidak pernah disampaikan secara formal-organisatoris kepada PDI Perjuangan," sambungnya.

Said lantas menyinggung intensitas PSI yang disebut lebih banyak ke bacapres Prabowo Subianto. "Apalagi, DPP PSI sebelum kepemimpinan Kaesang Pangarep malah lebih banyak bertemu Pak Prabowo dan lingkarannya, ketimbang Ganjar Pranowo. Meskipun begitu tetap kita hormati pilihan sikap politik mereka. Setiap partai memiliki otonomi masing masing dalam bersikap," katanya.

Lantas Said berharap Kaesang dapat membawa PSI menyatakan dukungan kepada Ganjar secara formal. Namun dia menghargai keputusan PSI nantinya.

"Di masa kepemimpinan Kaesang Pangarep semoga saja PSI bisa lebih konkret, secara legal formal-organisatoris menyampaikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo. Namun kami tidak hendak mendahului kehendak dan takdir yang akan terjadi. Apalagi pertemuan antara Kaesang Pangarep dan Mbak Puan adalah pertemuan perdana beliau berdua sejak Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umum PSI," ujarnya.

Said pun berharap Kaesang dapat membuat wajah baru PSI yang kooperatif. Dia menyinggung perlunya kader dari masing-masing pihak didisiplinkan agar tidak berbuat kontraproduktif dari upaya kerja sama yang bakal dibangun.

"Kita berharap kepemimpinan Kaesang Pangarep ini membawa wajah dan tradisi baru bagi PSI yang kooperatif. Apalagi dari sisi Mbak Puan, beliau sudah membuka diri, menunjukkan kecanggihannya dalam membangun jembatan dengan tokoh-tokoh penting nasional. Kita harapkan momentum ini dijaga dengan baik oleh kedua belah pihak. Dan masing-masing pihak bisa mendisiplinkan kadernya masing-masing yang berbuat kontraproduktif bagi upaya-upaya membangun kerja sama politik ini," ujar Said.

0 comments:

Post a Comment