Thursday, October 26, 2023

BERSAMA DINASTI NUSANTARA, RAJA DI MADURA SIAP MENANGKAN GANJAR PRANOWO-MAHFUD MD



BANGKALAN, JAWA TIMUR- Dinasti Madura yang terdiri dari raja, sultan, hingga tokoh masyarakat adat se-Madura siap memenangkan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 bersama sukarelawan Ganjar Pranowo, Dinasti Nusantara. Hal tersebut disampaikan dalam rangkaian acara Festival Adat dan Budaya Madura (FABM) di Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur (Jatim), pada Jumat 20 Oktober 2023.

Irawan Haryonowiro Adiningrat dari Keraton Sembilangan Bangkalan Madura mengatakan, Dinasti Madura meyakini Ganjar Pranowo dapat mendorong pelestarian adat dan budaya kerajaan di masa mendatang. Optimisme itu diperkuat dari rekam jejak Ganjar Pranowo yang peduli terhadap adat hingga kebudayaan nusantara, selama menjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode.

“Beliau bisa melestarikan adat dan budaya, apalagi jika interaksi ini bisa berjalan dengan bagus. Kami yakin beliau pasti bisa,” tutur Irawan dalam siaran persnya, Sabtu (21/10/2023).

Dalam kesempatan itu raja, sultan, hingga tokoh masyarakat adat se-Madura dikenalkan dengan sosok Ganjar Pranowo yang punya garis keturunan dari keluarga kerajaan di wilayah Sunda dan Jawa. Seusai melangsungkan diskusi, Dinasti Madura menyatakan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI tahun 2024-2029 dengan menandatangani surat pernyataan dan spanduk.

Mewakili seluruh raja, sultan, dan tokoh masyarakat adat se-Madura, Irawan berharap Ganjar Pranowo bisa konsisten melestarikan dan mengangkat kebudayaan Madura ketika menjadi Presiden tahun 2024 mendatang. “Mungkin beliau bisa lebih memfasilitasi kami untuk lebih melestarikan dan merawat kearifan lokal yang ada di Madura,” ungkapnya.

Pada rangkaian acara FABM yang diketuai RP M Cholil Suroadikusumo, Dinasti Madura turut mengundang Dinasti Nusantara dalam seminar Adat dan Budaya Madura.

Mereka juga menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Daerah Masyarakat Adat Nusantara (DPD Matra) Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sampang tahun 2023-2028 di Pendopo Agung Pratanu, Kabupaten Bangkalan, Jatim.

0 comments:

Post a Comment