Saturday, October 28, 2023

AWAS HOAX! VIDEO KLAIM KPU TOLAK GANJAR SEBAGAI CAPRES TERNYATA PALSU, BACA PENJELASANNYA DI ARTIKEL INI!



JAKARTA- Beredar informasi palsu melalui sebuah video di YouTube yang mengklaim bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menolak pendaftaran Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) dengan tuduhan ingin merintangi Anies Baswedan. Namun, setelah dilakukan penelusuran oleh medcom.id, klaim ini terbukti tidak benar.

Faktanya, tidak ada informasi resmi yang menunjukkan bahwa KPU telah menolak pendaftaran Ganjar Pranowo sebagai capres. Narasi dalam video tersebut sebenarnya berasal dari sebuah artikel yang diunggah oleh tvonenews.com dengan judul "Sindiran Menohok Anies Baswedan: Negara Harus Tetap Netral dalam Pilpres 2024 – Jangan Meremehkan Rakyat."

Dalam artikel tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyuarakan pentingnya agar negara tetap netral dalam kontestasi Pilpres 2024 dan tidak memengaruhi keputusan rakyat. Anies Baswedan menyatakan pandangan ini setelah melihat Presiden Jokowi memberikan dukungan kepada pejabat publik menjelang perayaan demokrasi di Indonesia.

Klaim mengenai penolakan KPU terhadap pendaftaran Ganjar sebagai calon presiden memang pernah beredar sebelumnya, namun hingga saat ini, tidak ada laporan resmi atau informasi valid yang mendukung klaim tersebut. Berdasarkan informasi dari situs resmi KPU, tahapan pencalonan presiden dan wakil presiden baru akan berlangsung mulai dari tanggal 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023.

Kesimpulannya, klaim dalam video yang beredar bahwa KPU menolak pendaftaran Ganjar Pranowo sebagai capres karena ingin merintangi Anies Baswedan adalah tidak benar. Video tersebut ternyata hasil rekayasa digital, dan informasi ini dapat dikategorikan sebagai hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content biasanya berisi hasil editan dari informasi yang telah diterbitkan oleh media-media besar dan kredibel dengan tujuan untuk mengecoh publik. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan pengecekan informasi sebelum mempercayai dan menyebarkannya.

Referensi:

- https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0kpM99DK-cek-fakta-ketahuan-ingin-jegal-anies-baswedan-kpu-tolak-pendaftaran-ganjar-pranowo-jadi-capres-begini-faktanya

- https://www.tvonenews.com/berita/nasional/120453-sindiran-menohok-anies-baswedan-minta-negara-tak-pengaruhi-pilpres-2024-jangan-melecehkan-rakyat

- https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Peserta_pemilu 

0 comments:

Post a Comment