Friday, September 1, 2023

RELAWAN JOKOWI "JAMAN" DUKUNG GANJAR PRANOWO SEBAGAI CAPRES 2024



JAKARTA- Relawan Jokowi yang tergabung dalam Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) menyatakan, akan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di 2024. Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) JAMAN yang digelar selama dua hari, yakni Selasa 29 Agustus-Rabu 30 Agustus 2023.

Ketua Umum JAMAN, Iwan Dwi Laksono mengatakan, dalam rapimnas yang digelar di Grage Hotel, Kota Cirebon itu ada beberapa hal yang menjadi pembahasan. Salah satunya adalah mengenai langkah politik JAMAN dalam menghadapi Pilpres di 2024 mendatang.

"Kami memutuskan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di 2024," kata Iwan kepada detikJabar di Kota Cirebon, belum lama ini.

Menurut Iwan, keputusan itu merupakan hasil rapimnas JAMAN yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh pengurus di semua tingkatan. Dalam rapimnas itu, seluruh peserta yang hadir sepakat untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024.

"Kami menerapkan musyawarah mufakat. Semua pengurus sepakat (mendukung Ganjar Pranowo)," ucap Iwan.

Iwan mengatakan, Ganjar Pranowo merupakan sosok yang ideal untuk melanjutkan estafet kepemimpinan nasional selepas berakhirnya masa jabatan Presiden Jokowi.

Sekadar diketahui, JAMAN sendiri adalah kelompok relawan yang telah mendukung Jokowi sejak maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Dukungan mereka pun kemudian berlanjut saat Jokowi maju dalam Pilpres 2014 dan 2019.

Oleh karenanya, terkait dengan hasil Rapimnas di Kota Cirebon yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowi, JAMAN akan menyampaikannya kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Hasil Rapimnas ini nanti akan kami sampaikan ke Bapak Presiden Jokowi," ucap Iwan.

Di sisi lain, Iwan menyatakan, JAMAN siap bekerja sama dengan seluruh kelompok relawan Ganjar demi bisa mengantarkan sosok Gubernur Jawa Tengah itu menjadi Presiden di 2024.

"Tentunya kami siap berkolaborasi dengan seluruh relawan yang mendukung Ganjar Pranowo. Baik relawan yang baru maupun yang lama. Relawan yang lama artinya adalah relawan Presiden Jokowi yang mendukung Ganjar Pranowo," ucap Iwan.

Selain Ganjar Pranowo, ada satu nama lagi yang mencuat dalam Rapimnas JAMAN, yakni Gibran Rakabuming. Walikota Solo itu mendapat dukungan dari para relawan JAMAN untuk maju sebagai Cawapres.

Namun demikian, untuk nama Gibran sebagai cawapres bukan merupakan hasil dari rapimnas JAMAN. Terkait dengan hal ini, JAMAN akan membahasnya di tingkat pengurus pusat atau DPP.

"Usulan-usulan (Gibran jadi Cawapres) dari teman-teman di daerah memang ada. Tapi tidak kami putuskan di situ (Rapimnas). Mungkin nanti akan kami bahas di DPP," ucap Iwan.

0 comments:

Post a Comment