Tuesday, May 2, 2023

PENDIDIKAN ADALAH KUNCI MEMBANGUN BANGSA YANG BERMARTABAT



SEMARANG- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan ucapan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional di akun Instagram miliknya. Ucapan tersebut menggambarkan betapa pentingnya pendidikan dalam membangun bangsa dan negara yang bermartabat, bahkan dalam sejarahnya, pendidikan menjadi stimulan besar bagi bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

"Dunia pendidikan telah mengantar kita menjadi bangsa dan negara yang lebih bermartabat. Bahkan dalam sejarahnya, dunia pendidikan jadi stimulan sangat besar bagi bangsa kita untuk meraih kemerdekaan. Maka tidak ada alasan untuk menomor duakan pendidikan, terlebih di era yang penuh tantangan seperti sekarang." tulis Ganjar pada akun Instagram miliknya, @ganjar_pranowo (2/5).

Peringatan Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei sebagai penghormatan terhadap Ki Hajar Dewantara, pelopor pendidikan bagi Bangsa Indonesia pada era kolonialisme. Ki Hajar Dewantara adalah sosok penting dalam sejarah Indonesia yang telah mendirikan Perguruan Nasional Taman Siswa pada tahun 1922. Perguruan Nasional Taman Siswa ini membuka sekolah dari tingkat taman kanak-kanak hingga pendidikan menengah atas dan mendorong semangat cinta Tanah Air.

Melalui semangat dan sistem pendidikan yang ditinggalkannya, Ki Hajar Dewantara memberikan warisan yang begitu penting bagi Indonesia. Beberapa semboyannya, seperti Tut Wuri Handayani, saat ini masih digunakan oleh negara sebagai semboyan pendidikan.

Ganjar Pranowo memahami betapa pentingnya pendidikan dalam membentuk karakter bangsa yang berkebudayaan. Selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo gencar memperjuangkan pendidikan yang merata dan berkualitas di seluruh daerah Jawa Tengah. Ia juga memberikan perhatian khusus pada pendidikan karakter yang berbasis budaya lokal.

"Dan masih banyak sekali pekerjaan rumah yang mesti kita kerjakan. Utamanya untuk mewujudkan kepribadian yang berkebudayaan.

Selamat Hari Pendidikan Nasional. Semoga momen ini menjadi pengingat sekaligus penyemangat kita untuk mempertajam akal dan jiwa," kata Ganjar.

Melalui peringatan Hari Pendidikan Nasional, Ganjar Pranowo mengingatkan masyarakat bahwa pendidikan harus menjadi prioritas utama dalam menghadapi tantangan era modern. Dengan meningkatkan kualitas pendidikan, bangsa Indonesia dapat lebih maju dan meraih kemajuan yang berkelanjutan.

Dalam perayaan Hardiknas tahun ini, Ganjar Pranowo juga memberikan apresiasi kepada para pendidik di Jawa Tengah yang telah berjuang keras dalam memberikan pendidikan terbaik bagi generasi muda. Ia mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional dan berharap momen ini dapat menjadi pengingat dan penyemangat untuk terus memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment