Sunday, May 21, 2023

MASYARAKAT JOGJA GELAR KENDURI UNTUK GANJAR PRANOWO



YOGYAKARTA- Ratusan masyarakat Yogyakarta yang tergabung dalam Nyi Mega (Nyawiji Menangke Ganjar) menggelar Kenduri Masyarakat Jogja untuk Ganjar Pranowo Presiden RI ke-8. Gelaran Kenduri Masyarakat Jogja dilaksanakan di Plataran Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 Yogyakarta pada Sabtu (20/5/2023) pukul 15.00 - 18.00 WIB.

Gelaran dilaksanakan sebagai rasa syukur atas peringatan 115 Tahun Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei 2023. Selain itu juga sekaligus ucapan terimakasih kepada Megawati Soekarnoputri yang telah memberikan kepercayaan dan rekomendasi pencalonan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI tahun 2024 -2029.

"Kita berharap atas dapatnya tiket mas Ganjar Pranowo dari PDIP bisa mencapai tujuan awal kita yaitu Ganjar Pranowo bisa menjadi presiden yang ke-8," ungkap Antonius Kuat, Ketua Panitia Kenduri Masyarakat Jogja (20/5/2023).

Gelaran Kenduri Masyarakat Jogja mengusung tema budaya dan kearifan lokal yang mencerminkan adat nusantara. Gelaran diikuti oleh ratusan masyarakat Yogyakarta dari berbagai lapisan dengan berpakaian adat dan menggunakan atribut tradisi nusantara.

Prosesi Gelaran Kenduri diawali dengan Kirab Budaya dengan menghantarkan sajian Tumpeng sebanyak 8 tambir, yaitu 1 tumpeng nasi kuning komplet dengan lauk pauk dan 7 tambir bolo kependem. Jumlah tumpeng mengandung filosofi 7 sebagai tujuan ditambah 1 mengartikan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI ke-8.

"Ini kita kemas dalam bentuk adat dan budaya nusantara, ada kirab tumpeng yang akan kita bagikan ke pedagang kaki lima, buruh gendong pasar, dan masyarakat," pungkas Antonius.

Gelaran dilanjutkan dengan doa bersama sebagai rasa syukur yang dipimpin oleh beberapa pemuka agama dan aliran kepercayaan di Yogyakarta. Melalui doa bersama diharapkan pencalonan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden RI 2024-2029 diberikan kelancaran dan Pemilu tahun 2024 berlangsung aman dan damai.

Gelaran Kenduri juga dimeriahkan oleh penampilan musik lagu-lagu nusantara dan kebangsaan serta tarian nusantara dari anak-anak muda dan masyarakat Yogyakarta.

0 comments:

Post a Comment