Saturday, April 1, 2023

JOKOWI AKAN LANTIK KEPALA BNPT DAN MENPORA PEKAN DEPAN



Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik dua pejabat baru, yakni kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan menteri pemuda dan olahraga (menpora) pada pekan depan.

"Minggu depan," kata Presiden Jokowi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3).

Pelantikan kepala baru BNPT itu untuk menggantikan Komjen Pol. Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun. Jokowi pun masih enggan mengungkapkan siapa sosok yang telah dia pilih untuk menggantikan Boy Rafli Amar. "Nanti," tambahnya.

Boy Rafli memasuki masa pensiun pada Maret 2023 karena usianya sudah 58 tahun. Boy dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPT pada 6 Mei 2020 menggantikan Komjen Pol. Suhardi Alius.

Boy Rafli merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1988. Sebelum menjadi Kepala BNPT, dia pernah menjabat beberapa posisi penting, seperti wakil kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, kepala Divisi Humas Polri, kepala Polda Banten, hingga kepala Polda Papua.

Boy Rafli Amar pun telah dimutasi oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi Perwira Tinggi (Pati) Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri.

Sementara itu, ketika ditanya lebih lanjut apakah pelantikan kepala baru BNPT berbarengan dengan pelantikan menpora pengganti Zainudin Amali, Jokowi juga menjawab singkat. "Minggu depan," katanya.

Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menpora pada awal Maret 2023 karena dia terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I PSSI.

Ditempat terpisah, Komisaris Jenderal Rycko Amelza Dahniel telah dipromosikan sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris atau BNPT di gedung Rupatama Mabes Polri, Jumat, 31 Maret 2023. Rycko menggantikan jabatan Boy Rafli Amar yang pensiun April mendatang.

“Pak Rycko akan menjabat sebagai Kepala BNPT. Inshaallah akan dilantik pak Presiden,” kata As SDM Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan akan melantik Kepala BNPT yang baru pada pekan depan. Agenda tersebut dibarengkan dengan pelantikan Menteri Pemuda Olahraga yang baru, Muhajir Efendy. Menpora diganti setelah Zainudin Amali mundur lantaran jadi Wakil Ketua Umum PSSI.

Untuk diketahui, jabatan kepala badan penanggulangan terorisme ini setingkat dengan menteri. Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2012. Sebelum terbentuk BNPT, penanggulangan terorisme merupakan wewenang Desk Koordinasi Pemberantasan Terorisme (DKPT).

Rycko merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1988 dengan meraih predikat lulusan terbaik. Pria kelahiran Bogor, 14 Agustus 1966, ini berpengalaman dalam bidang reserse. Ia bahkan masuk tim Bareskrim bersama Jenderal (Purn) Tito Karnavian melumpuhkan gembong teroris Dr Azahari pada 2005 di Batu, Jawa Timur.

Kemudian, Rycko sempat menjadi Kapolres Metro Jakarta Utara pada 2008. Pada 2009, ia dipanggil ke Istana Negara untuk menjadi ajudan SBY di periode kedua pemerintahan SBY.

Ia kemudin menjabat Wakapolda Jabar pada 2013, Kepala STIK Lemdikpol pada 2014, Kapolda Sumut pada 2016, Gubernur Akpol pada 2017, Kapolda Jateng pada 2019, Kepala Baintelkam Polri 2020, dan Kepala Lemdiklat Polri 2021.

0 comments:

Post a Comment