Tuesday, April 25, 2023

INILAH RAHASIA MENGAPA ELEKTABILITAS GANJAR TETAP TAK TERTANDINGI OLEH TOKOH LAIN



SERANG, BANTEN- Boleh jadi, inilah yang bikin elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terus bertahan di posisi puncak berbagai lembaga survei. Walau sempat disalib Prabowo Subianto, namun tak bertahan lama, langsung disabet kembali. Bagaimana tidak? Ganjar ternyata memiliki 42 tim dengan 200.000 relawan pendukung yang menyebar di berbagai wilayah Indonesia.

Ketua Presidium Relawan Jaringan Militan Ganjar (Jaritangan) Tedy Saputro menyebut, ada sekitar 42 aliansi relawan dari Sabang sampai Merauke. “Kalau semuanya sekitar 200.000 (Relawan) sudah ada itu dari berbagai daerah Indonesia,” terang Tedy, seperti dilansir TribunSolo.com, Senin (24/4/2023).

“Jumlah kelompok jumlah yang sudah aktif pada saat ini, ya pokoknya yang ada sekitar 42 iya, dan itu terbagi se-Indonesia,” imbuh Tedy.

Dia menjelaskan, para relawan Ganjar Pranowo tersebut akan saling berkolaborasi supaya Pilpres 2024 bisa dimenangkan. Ya, “Kami nanti akan berkolaborasi satu dengan yang lainnya,” kata Tedy.

Menurut dia, relawan Ganjar Pranowo akan berbeda pergerakannya dari kader PDIP. “Kalau di partai politik memiliki badan pemenangan, kalau kami nanti akan berbeda,” terang Tedy.

Tedy menjelaskan, nantinya, relawan gubernur Jawa Tengah dua periode itu akan lebih bertujuan menyentuh akar rumput, atau masyarakat. “Kami akan lebih langsung mendatangi masyarakatnya,” pungkas Tedy.

Ada juga tim relawan Ganjar Pranowo yang membubarkan diri bahkan mengalihkan dukungannya sebelum Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendeklarasikan pencalonan Ganjar. Yang beralih itu antara lain GP Mania, yang menyatakan bubar dan menarik dukungan terhadap Ganjar sebagai calon presiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pernyataan bubarnya GP Mania disampaikan Sekjen GP Mania, Akhmad Gojali Harahap dalam jumpa pers di Kantor Sekretariat GP Mania, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2023) lalu.

Langkah GP Mania itu justeru bikin tim relawan lainnya makin solid. Bahkan, muncul lagi tim relawan baru dari para pendukung Ganjar Pranowo.

Ganjarian Spartan, misalnya, baru dideklarasikan pada 18 Januari 2023 lalu di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.  Ketua relawan Ganjarian Spartan, Guntur Romli menyebutkan bahwa dalam wadah relawan ini terdapat kader dari partai parlemen dan non-parlemen. Sejumlah elemen dari berbagai partai politik menjadi relawan Ganjarian Spartan Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden (capres) di 2024. Selain Guntur Romli, KH Nurul Huda atau Kyai Enda pun bergabung, dan ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina.

Berikutnya, Sahabat Ganjar, yang sudah terbentuk lebih dulu. Sahabat Ganjar dideklarasikan di Yogyakarta, Minggu (19/6/2021) lalu. Awalnya, Shabat Ganjar diketuai oleh Lenny Handayani. Namun, dalam Rakernas I di Bali, KH Nahib Shodiq atau Gus Nahib ditetapkan sebagai Ketua Umum Sahabat Ganjar. Gus Nahib merupakan pimpinan Ponpen Al Hikmah 1 Benda Sirampog, Brebes.

Ada juga tim relawan yang menamakan diri Ganjarist. Tim ini dideklarasikan pada 1 Juni 2021 bertepatan dengan ulang tahun hari Lahir Pancasila. Awalnya, Ketua Umum Ganjarist adalah Mazdjo Pray. Namun dalam perjalanannya, relawan Ganjarist yang diinisiasi oleh Masdjo Pray, Maya Nindya, Anthony Putihray, Ken Aji, Rinia Djafar, Kris Charta, Marlina, Didiy Budiono, KH Enha, Robbie Rayaida, Velentino Rosyid, Ken SA, Seno, Ivan, dan Haryanto, tersebut menetapkan pegiat sosial, Eko Kuntadhi menjadi Ketua Umum Gandjarist pada Desember 2021.

Namun, pada September 2022, Eko Kuntadhi mengundurkan diri karena cuitannya yang dianggap menghina ustazah Ponpes Lirboyo Imaz Fatimatuz Zahra atau Ning Imaz menuai kontroversi.

Ada juga relawan yang menamakan diri Teman Ganjar, yang diketuai oleh Rinto Wardana. Tim relawan ini.

didekelarasikan pada 7 November 2021. Teman Ganjar pernah merayakan hari jadinya yang pertama di Taman Sunan Jogo Kali, Solo dan dihadiri mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Tim relawan yang dipimpin putra Ngada, NTT, Gabriel Goa sebagai ketua umum, dan sekjennya, Fren Lutruntuhluy, menyebut diri GanjarPranowo2024 (GP24). Tim ini juga membentuk barisan relawan ke seluruh penjuru Nusantara.

Masih banyak lagi tim relawan Ganjar Pranowo. Mereka terus bergerak menggalang dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden tahun 2024. Berbagai kegiatan digelar, termasuk menggelar bakhti sosial, pentas seni maupun pentas musik di berbagai wilayah dalam mensosialisasikan sosok Ganjar Pranowo.

0 comments:

Post a Comment