Tuesday, March 21, 2023

TEKA-TEKI MENPORA BARU YANG AKAN DI TUNJUK JOKOWI GANTIKAN ZAINUDIN AMALI



JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sosok yang akan menggantikan Zainudin Amali di kursi menteri pemuda dan olahraga (Menpora) adalah anak muda.

Namun dia belum mau membeberkan nama calon Menpora yang baru itu. Jokowi hanya membeberkan kriterianya yakni muda.

"Nama yang masuk itu, tanya Pak Ketua Golkar saja. [Kriterianya] muda," kata Jokowi di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (20/3).

Jokowi mengaku telah mengantongi sejumlah nama calon Menpora pengganti Zainudin Amali. Dia mengatakan nama-nama itu berasal dari usulan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Meski begitu, Jokowi belum memutuskan siapa yang akan ia pilih sebagai Menpora. Waktu pelantikan pun belum mau ia beberkan.

"Belum diputuskan, belum saya putuskan," ucapnya.

Zainudin Amali sebelumnya mengundurkan diri dari jabatan Menpora setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Jokowi juga telah menerima surat pengunduran diri Zainudin Amali sebagai Menpora per Senin (13/3).

Jokowi juga sudah menyetujui pengunduran diri Amali itu. Untuk mengisi kekosongan jabatan Menpora, Jokowi juga telah menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy jadi Plt Menpora.

"Sekarang sudah di Plt-kan, Plt-nya Pak Menko PMK," kata Jokowi di sela kunjungan kerjanya di TPST Kesiman Kertalangu, Bali.

Jokowi tidak mengungkap alasannya memilih Muhadjir menjadi Plt Menpora.

Namun, eks Gubernur DKI Jakarta ini memastikan, akan segera menunjuk Menpora baru pengganti Zainudin.

Terkait siapa calon Menpora yang diusulkan Golkar kepada Presiden Jokowi, Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus sebelumnya mengatakan partainya telah mengirim tiga nama calon pengganti Zainudin Amali ke Presiden Jokowi. Ia pun menyerahkan keputusan sepenuhnya ke Presiden.

Lodewijk mengatakan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto telah menyerahkan tiga nama calon Menpora ke Jokowi. Pertimbangan nama tersebut, kata dia, sesuai dengan kriteria pengganti Amali yang diminta Jokowi.

"Ketum kita sudah berikan ke presiden (namanya). Kita tinggal tunggu presiden milih yang mana dari tiga calon yang diusulkan. Kita tunggu aja, itu di kantong Ketum, saya nggak sempet ngintip," kata dia.

"Yang jelas harus bisa ngurusin pemuda dan olahraga, kan itu. Artinya dia punya akses ke kepemudaan dan juga dia punya akses untuk bagaimana meningkatkan olahraga. Apalagi kita dekat-dekat ini jadi tuan rumah Piala Dunia under 20. Nah, itu kira-kira jadi fokus beliau," ungkapnya.

Sementara itu, politikus Partai Golkar Muhamad Fauzi mendengar ada tiga nama di partainya yang didorong menjadi menpora menggantikan Zainudin Amali. Ketiga nama itu adalah Putri Komaruddin, Ilham Permana, dan Dito Ariotedjo.

"Kebetulan saya baru datang dari dapil tadi pagi. Saya belum dapat informasi. Yang saya dapat informasi dari media itu, tiga nama itu yang didorong. Ada Putri, ada Ilham, satu lagi Dito. Nah, tiga nama itu. Biar Presiden nanti memilih," kata Fauzi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/3).

Fauzi menilai ketiga nama tersebut merupakan kader terbaik Golkar. Fauzi menilai Putri Komaruddin, Ilham Permana, dan Dito Ariotedjo berpotensial menjadi Menpora.

"Ya ketiganya memang sekian kader terbaik yang ada di Golkar. Makanya didorong, karena kalau tidak menjadi kader terbaik, tidak mungkin didorong. Karena ini menjadi marwah partai," ungkapnya.

0 comments:

Post a Comment