Thursday, March 23, 2023

PESAN JOKOWI SAAT PERINGATAN HARI METEROROLOGI DUNIA KE 73



JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua pihak untuk semakin peduli dan serius mengatasi perubahan iklim serta dampaknya. Ajakan ini disampaikannya bertepatan dengan hari Peringatan Hari Meteorologi Dunia ke-73.

Peringatan Hari Meteorologi Dunia kali ini mengusung tema “The future of weather, climate and water across generations” atau  “Cuaca, Iklim dan Air di Masa Depan Untuk Lintas Generasi”.

“Mewakili Presiden Jokowi, kami mengucapkan selamat Hari Meteorologi Dunia dan inilah momentum yang baik bagi kita semua untuk semakin peduli dan bertindak lebih serius dalam mengatasi perubahan iklim serta dampaknya terhadap bumi kita tercinta,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya dikutip dalam keterangan resminya, Kamis (23/3/2023).

Pada kesempatan itu, Budi Karya yang mewakili Presiden Jokowi menyampaikan bahwa hampir semua negara di dunia telah sepakat untuk membatasi peningkatan suhu bumi. Tujuannya untuk mengurangi potensi cuaca ekstrem yang mengakibatkan bencana banjir hingga tanah longsor.

"Untuk mengurangi potensi kejadian cuaca dan iklim ekstrem yang mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, kekeringan, tanah longsor dan juga kebakaran hutan,” katanya.

Jokowi juga menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada BMKG untuk menangani secara maksimal dampak perubahan iklim yang menjadi tantangan besar saat ini. Dia menyebut bahwa BMKG memiliki peran kunci dalam melakukan monitoring terhadap cuaca dan iklim, termasuk pula Kualitas Udara.

Mulai dari memperkuat jaringan Alat Operasional Utama (Alotama), pemutakhiran teknologi yang digunakan, membangun sistem peringatan dini potensi bencana secara integratif, dan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh masyarakat.

“Tentu BMKG memiliki peran penting dalam melakukan monitoring dan mitigasi terhadap kondisi cuaca dan iklim, mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi bencana serta memberikan literasi kepada masyarakat sebagai pemangku kepentingan perubahan iklim,” kata Budi Karya.

Budi Karya juga menyampaikan sejumlah pesan Presiden Jokowi terkait langkah strategis dalam mewujudkan pembangunan berketahanan iklim. Antara lain yaitu, memformulasikan kebijakan mitigasi dan adaptasi dalam perubahan iklim dengan cepat, serta menyiapkan penanganan yang lebih baik, dan mengembangkan sistem peringatan dini yang andal di seluruh daerah.

“Pentingnya menumbuhkan sistem edukasi bencana yang berkelanjutan dengan edukasi dan juga memperkuat kolaborasi dengan melibatkan berbagai pihak,” katanya.

0 comments:

Post a Comment